Sudah Tahu Apa Itu SEO? Yuk Pelajari Arti dan Cara Penggunaannya

Arti dan Cara Penggunaan seo

Sering mendengar kata SEO di internet? Sebenarnya apa itu SEO? Mengapa banyak orang yang membahas tentang kata ini? Pengertian dari SEO adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimasi website. Kepanjangan dari SEO sendiri adalah Search Engine Optimization. Melalui optimasi maka website yang kamu miliki layak untuk berada di posisi teratas yaitu halaman pertama mesin pencarian. Sudah paham bukan betapa pentingnya SEO ini dalam mengukur kinerja website.

Semakin baik SEO yang kamu kerjakan maka akan tinggi pula traffic yang datang. Ada yang perlu diketahui dari SEO sendiri yaitu dari manakah traffic berasal dan cara kerjanya. Dengan begitu kamu dapat memastikan bahwa kerja website berada di jalur yang benar.

Beberapa Tipe Traffic SEO dan Cara Menggunakan SEO

Cara Penggunaan seo

Konten yang kamu buat di dalam website bisa saja bagus, tapi itu bukan berarti pengunjung juga akan meningkat. Bisa saja visitor justru minim. Penting sekali untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung dan mempertahankan mereka untuk betah berada di dalam website. Untuk mengetahui caranya, pelajari terlebih dahulu tipe traffic yang ada di SEO.

1. Quantity Traffic

Quantity Traffic

Berapa jumlah pengunjung website kamu saat ini? Itulah yang dimaksud dengan quantity traffic. Penghitungan jumlah pengunjung ini bisa dilihat melalui beberapa tool seperti Google Analytic. Semua status traffic dijelaskan dengan lengkap seperti jumlah pengunjung, berapa lama kunjungan dilakukan dan page view.

2. Quality Traffic

Quality Traffic

Kebanyakan quality traffic dibutuhkan pada website bisnis dimana pengunjung akan dinilai dari statusnya yang akan menjadi konsumen. Mendapatkan quality traffic ini harus lebih banyak karena nantinya jumlah pengunjung akan dikonversi dengan angka tertentu.

3. Organic Traffic

Organic Traffic

Datangnya organic traffic inilah yang paling banyak dikejar. Karena didapatkan secara gratis dan konversinya akan tinggi. Kelihatannya mudah, tapi persaingan yang sangat ketat pun harus diperhatikan. Semua website rata-rata mengejar tipe ini.

Website akan dioptimasi agar banyak orang bisa menemukan sesuai dengan kata kunci yang diketik pada mesin pencari. Manfaat dari optimasi adalah mendatangkan informasi relevan, mesin pencari menjadi sumber terpercaya dan mendatangkan traffic organic lebih banyak. Hasil yang dicari bisa segera didapatkan, namun dibalik itu prosesnya tidak sederhana.

Cara menggunakan SEO tidak akan pernah ada akhirnya. Sebuah konten bisa terus dioptimasi agar akhirnya mencapai tujuan berada di halaman pertama dalam waktu yang lama. Ada dua cara menggunakannya yaitu sebagai berikut ini:

  • Onsite SEO

Onsite SEO

Cara ini dilakukan dari dalam, ada beberapa elemen yang perlu diatur. Seperti format URL harus baik. Keyword yang digunakan tidak stuffing dan selalu bisa memanipulasi mesin pencari. Penggunaan Alt pada text gambar dan heading. Pengaturan elemen ini akan membuat kamu harus mencari keyword yang tepat dan selalu meninjau secara teknis berikut contoh url yang baik dan benar :

5 Strategi Mendapatkan Backlink yang Berkualitas untuk Website Anda

5 Peluang Bisnis Percetakan yang Harus Dicoba!

Macam-macam Bahan Untuk Cetak Banner yang Wajib Diketahui!

Jenis-jenis Tinta untuk Percetakan

Inilah Jenis-jenis Usaha Percetakan Yang Perlu Kamu Tahu!

 

Pada insite SEO, web harus terstruktur dengan baik dimana kemudahan navigasi akan menciptakan user experience yang mudah. Semua konten yang dibangun harus relevan dengan niche website.

  • Offsite SEO

Offsite SEO

Cara ini lebih pada cara mempromosikan web agar banyak orang mengetahuinya. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti konten marketing dan public relation. Jika web yang dimiliki digunakan untuk memasarkan produk maka perlu membangun brand awareness dan berbagai informasi tambahan.

Setelah optimasi ini dilakukan selama beberapa minggu maka untuk mengukurnya gunakan tool seperti Google Analytic atau Aharef. Masing-masing tool bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja website yang kamu miliki.

author
Author: